Sate Kere Kuliner Solo Kesukaan Pak Jokowi

Sate kere kuliner Solo kesukaan Pak Jokowi. Sate Kere adalah salah satu ikon kuliner dari Solo. Tempe gembus menjadi bahan utama pembuatan Sate Kere. Meski tampak sederhana, Sate Kere merupakan makanan kesukaan Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi, pernah menuliskan dalam laman Facebooknya bahwa Sate Kere merupakan makanan favoritnya di Solo. Hidangan ini terbuat dari ampas tahu yang difermentasi hingga menjadi padat seperti tempe. Setelah direndam dalam bumbuu bacem dan dibakar di atas bara api, sate kere disajikan bersama guyuran sambal kacang manis pedas.

Sate Kere disebut-sebut lahir karena dulunya sate daging dianggap makanan mewah yang hanya disantap kalangan menengah ke atas. Akhirnya masyarakat miskin atau ‘kere’ membuat versi sate lain dengan menggunakan tempe atau jeroan. Sate lembut ini dapat dinikmati bersama lontong atau nasi.

Di Solo banyak sekali penjual sate kere dengan berbagai macam, yuk kita baha satu persatu disini :

1. sate Kere Yu Rebi

sate kere yu rebi

Pecinta kuliner Solo, pasti tak asing lagi dengan warung Sate Kere Yu Rebi. Letak tempat makan ini di Jalan Kebangkitan Nasional Kios 1-2, Taman Sriwedari. Menu utama yang dijual adalah sate kere yang berupa sate tempe gembus dan aneka jeroan. Tak hanya itu, ada juga daging yang bisa dikombinasikan dengan sate kere. Seporsinya disajikan bersama bumbu kacang sedap, irisan bawang merah, serta cabai. Kamu pun bisa menambah lontong agar makin kenyang. Jangan kaget, harga seporsinya di sini terbilang cukup mahal, yaitu mulai dari Rp35.000.

2. Sate Kere Mbak Tug

sate kere mbak tug

Warung sate kere berikutnya yang bisa kamu coba saat liburan ke Solo adalah Sate Kere Mbak Tug. Letaknya di Jalan Arifin No.63 dan buka dari jam satu hingga tiga sore. Harga per tusuknya hanya Rp2.000 dengan berbagai pilihan sate yang menggiurkan. Ada sate babat, ginjal, kikil, usus, tempe hingga menjes atau tempe gembus. Nah, kamu pun bisa memesan sate daging sapi yang disajikan bersama siraman bumbu kacang spesial.

3. Sate Kere Mbah Rnuu

sate kere mbah ranu

Banyaknya kuliner kekinian di Solo, tak membuat makanan tradisionalnya dilupakan. Buktinya, warung sate kere milik Mbah Ranu masih ramai dikunjungi. Tempat makan yang terletak di Jalan Popda No. 1, Nusukan ini menyediakan aneka sate kere dengan harga seporsi hanya Rp12.500. Isinya lengkap dari 10 jeroan sapi, tiga gembus serta lontong. Kamu pun bisa memesan campur dengan paru, kikil, iso, hingga koyor. Tentu dengan harga yang berbeda.

4. Sate Kere Mbah Yem

sate kere mbah yem

Tempat makan berikutnya yang menawarkan sate kere ada di depan Kantor Kelurahan Kemlayan. Tepatnya di Jalan Sukoreno. Penjual makanan enak dan merakyat ini bernama Mbah Yem yang sudah puluhan tahun berjualan sate. Sebelum menetap di sini, Mbah Yem sempat menjual dagangannya keliling pasar. Nah, untuk harga seporsi sate kere hanya Rp10.000. Isinya lima tempe gembus, tiga jeroan, dan satu ketupat. Murah meriah bukan?

Nah, sudah tahu kan di mana saja tempat makan sate kere di Solo. Selain di kota kelahiran Presiden Joko Widodo, sate ini juga dapat kamu temukan di Jogja. Jadi, kapan nih jelajah kuliner enak di Solo?

Selain Sate Kere Solo Juga Punya Tengkleng Kambingnya Yang Melegenda

Setelah Anda sampai disolo pastinya perut akan terasa lapar karna selama perjalanan mungkin belum sempat makan. Nah, silahkan mampir ke warung tengkleng khas Solo yang sudah buka cabang dimana-mana. Warung Tengkleng Bu Jito Dlidir.

Berikut alamat warung tengkleng Bu Jito :

Lalu apa saja sih kulineran olahan daging kambing yang dijual di Warung Tengkleng Bu Jito dlidir ini? ada beberapa menu olahan daging kambing yang jual selain Tengklengnya yang spesial yaitu : Sate Buntel, Sate Kambing, Tengkleng Masak dan Tongseng.

More info silahkan hubungi :
Pak Soleh 0857 2524 4787

Untuk lebih jelasnya silahkan mampir ke warung tengkleng kami, Tengkleng Bu Jito Dlidir. Dan Baca juga artikel kami lainnya :

Batik fabric for quilting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *