Minuman khas solo yang sudah lama membudaya

Minuman khas solo yang sudah lama membudaya bagi warganya. Sebenarnya banyak minuman yang tercipta oleh tangan kreatif warga solo dan sekitarnya. Kami menyebut sekitarnya karena kota ini ditopang oleh daerah disekelilingnya seperti sragen, boyolali, kaaranganyar, sukoharjo dan wonogiri.

1. Es dawet telasih.

Tentu sebagian dari anda telah mencicipi es dawet. Minuman segar asli Indonesia yang cocok di minum siang hari, apalagi waktu panas siang bolong. Es Dawet telasih ,berbeda dari minuman dawet umumnya. Dibuat seperti dawet pada umumnya tapi menambahkan isi lebih banyak antara lain terdiri dari bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, biji telasih dan cendol (isi utama dawet). Jika anda berminat datanglah ke Pasar Gedhe Solo, salah satunya Es dawet Telasih Bu dermi.

2. Wedang uWuh.

Satu lagi minuman teman begadang malam anda, wedang uwuh. Dalam bahasa jawa “uwuh” berarti sampah. Tentu anda akan berpikir 2 kali untuk meminumnya. Tapi jangan salah justru minuman ini dibuat dari berbagai rempah-rempah pilihan. Telah menjadi salah satu minuman khas sejak jaman penjajahan Belanda. Wedang uwuh dibuah dari daun cengkeh kering, daun kayu manis kering, gula batu, butir cengkeh dan jahe kering. Dengan banyaknya rempah tentu akan menimbulkan berbagai rasa bagi anda penikmatnya. Salah satu tempat yang dapat anda datangi adalah di Dapur Solo, Purwosari. Atau warung hik disekitaran Stadion Manahan Solo.

3. Wedang Ronde. ada di manahan dan sekitar ngarsopuro.
4. Wedang Asli, biasanya dijual bersamaan dengan wedang ronde.
5. Gempol pleret. Penjajanya anatara lain di sekitar Pasar Gedhe serta Stadion Manahan Solo.
6. Beras kencur.
7. Es potjong. berlokasi di kawasan Sri Wedari,pada City walk slamet riyadi (sebrang graha prioritas).
8. Es teller kota barat.

Minuman khas solo yang ada di warung dlidir

Minuman khas solo yang ada di warung dlidir. Selain menyediakan masakan khas perkambingan, warung dlidir juga menyediakan minuman tradisional. Biasanya setelah makan tengkleng atau sate, para konsumen menikmati es degan ijo ataupun minuman tradisional.

Minuman khas solo yang sudah lama membudaya

Kami selalu menjaga kepuasan pelanggan. Untuk itu, minuman yang khas juga jadi prioritas kami. Di warung tengkleng bu jito dlidir biasa menyediakan beras kencur dan kunir asem. Kedua minuman tersebut sangat pas saat menikmati makanan sate maupun tengkleng solo.

Demikian sedikit dari warung dlidir, semoga bermanfaat.

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, daging kambing, perlengkapan umroh dan batik fabric.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *