Kuliner Solo 24 Jam harga terjangkau

Kota Solo belakangan menyedot popularitas yang tinggi sebagai salah satu destinasi wisata dan kuliner di tanah air. Ditambah lagi dengan pagelaran pernikahan anak presiden Jokowi yang diselenggarakan di kota Solo, menjadikan tempat ini semakin banyak dicari.

Selain penasaran dengan destinasi wisata dengan nuansa historikal. Solo juga memiliki sejuta spot kuliner yang menggoda. Selain nikmat, harga yang ditawarkan di tempat ini pun cukup terjangkau.

Belum lama ini, Solo juga terpilih sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata kuliner unggulan yang ditetapkan oleh Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner Belanja Kementerian Pariwisata dalam seminar yang diselenggarakan pada 19 September 2017 lalu.

8 Wisata Kuliner Solo Malam Hari, Buka 24 Jam

Nah, untuk anda yang saat ini berkunjung ke Solo dan mendamba mencicipi hidangan kuliner Solo yang buka 24 jam. Maka kami bantu rangkumkan untuk anda daftar tempatnya.

1. Kuliner Solo 24 Jam Sate Kere Tugiyem (51)

Kota Solo dikenal sebagai surganya kuliner yang lezat, salah satunya ada hidangan khas yang menjadi favorit santapan Jokowi bila berkunjung ke Solo. Beliau tidak pernah melewatkan menyantap sajian sate kere bila pulang ke kampung halamannya.

sate kere tugiyem

Salah satu tempat makan sate kere favoritnya ada di Jalan Arifin No. 63. Namanya adalah Sate Kere Tugiyem (51). Tempat ini tepatnya berada di area Depot Es Nii Thowong, yakni bagian parkirnya.

Kabarnya, tempat makan sate ini sudah ada sejak zaman Pasar Klewer berdiri. Menurut informasi, sebelum memiliki lapak seperti saat ini, dulunya penjual menggunakan gendongan untuk menjajakan sate buatannya. Sementara arang yang digunakan untuk membakar sate ditempatkan diatas kepala.

Bukan hanya itu, konon, sate kere muncul sebagai reaksi dari kaum papan atas kemewahan kaum berduit. Sementara rakyat jelata yang pada saat itu tidak punya uang untuk membeli sate daging kemudian berinisiatif membuat sate dari paru, usus dan jeroan lainnya.

Baca juga : sate buntel presiden

2. Galabo

Bagi anda penikmat travel yang sedang menyambangi kota Solo dan hendak mencari kuliner lezat yang buka selama 24 jam, Galabo bisa menjadi tempat yang cocok untuk anda kunjungi.

galabo

Gladag Langen Bogan atau yang disingkat menjadi Galabo merupakan satu pusat kuliner di kota Solo pada saat malam hari. Alamatnya ada di Jalan Slamet Riyadi. Kuliner yang dihidangkan di tempat ini bukan hanya satu macam, melainkan ada banyak pilihan menu yang bisa anda nikmati.

Beberapa menu yang dihidangkan diantaranya adalah sate buntel, angsle, timlo dan masih banyak lagi. Untuk urusan harga, tak perlu khawatir sebab makan di tempat ini dijamin tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

3. Selat Solo

selat solo

Era kolonialisme di Solo pun meninggalkan warisan kuliner yang khas, salah satunya adalah selat Solo. Hidangan yang kental dengan pengaruh budaya Eropa ini memang terkenal menjadi hidangan Solo yang wajib dicicipi.

Seporsi selat Solo berisikan dengan daging sapi atau galantin. Sajian ini kemudian diberikan tambahan seperti telur rebus, kentang, selada, wortel, timun dan juga buncis sebagai variasi santapan sayur untuk menyeimbangkan sajian ini.

Kemudian bagian atasnya disiram dengan kuah berwarna hitam yang kental dengan dominasi rasa manis nan gurih. Ada beberapa spot yang recommended untuk menyantap selat Solo, diantaranya adalah Selat Mekar Sari yang ada di Jalan Dr. Radjiman, Selat Mbak Lies di Jalan Veteran dan satu lagi ada di Omah Selat di daerah Jagalan.

4. Markobar Kuliner Solo 24 Jam

markobar

Kalo anda pernah mengggali informasi mengenai menu apa saja yang ada di nikahan anak Jokowi ketika pesta di Solo kemarin. Anda mungkin mendapati sajian Markobar, yakni hidangan martabak dengan aneka rasa yang unik.

Dan rupanya, sajian martabak ini adalah sebuah bisnis kuliner milik putra Pak Jokowi juga. Markobar atau singkatan dari Martabak Kota Barat ini tengah menjadi menu kuliner yang banyak menjadi incaran wisatawan.

Bila anda berkunjung ke Solo maka anda bisa menyambangi Jl. Sutawijaya No. 147 untuk bisa menikmati martabak yang satu ini. Tepatnya ada di samping Solo Grand Mall.

Baca juga : tengkleng solo

5. Nasi Liwet

nasi liwet solo

Selain itu, bagi anda para traveler yang tengah mencari kuliner asli dari kota Solo maka anda bisa mencari nasi liwet di tempat ini. Usul punya usul ternyata sajian nasi liwet sendiri punya sejarah yang cukup panjang.

Dalam Serat Centhini yang disusun di tahun 1814-1823 menyebutkan bahwa nasi liwet adalah salah satu hidangan yang wajib disuguhkan setiap Pulau Jawa diguncang gempa bumi. Hal ini mungkin terdengar sedikit tak biasa, namun rupanya ada sejarah juga dari hal tersebut.

Berawal dari sajian upacara selametan, nasi liwet tetap lestari hingga sampai saat ini dan banyak dijual di daerah-daerah kota Solo. Beberapa spot menikmati liwet khas Solo diantaranya adalah Nasi Liwet Bu Sarmi di daerah Pasar Kliwon, kemudian adapula Nasi Liwet Yu Sani di Jalan Veteran dan yang terakhir yang direkomendasikan adalah Nasi Liwet Wongsolemu di Jalan Teuku Umar tempat makan nasi liwet ini sudah ada sejak tahun 1950.

6. Gudeg Ceker Mergoyudan

Gudeg Ceker Mergoyudan

Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Solo bila belum menyantap hidangan gudegnya. Bahkan kabarnya salah satu penyanyi papan atas sekelas Syahrini sering menikmati kuliner malam di kota Solo sambil mencicipi Gudeg Ceker Mergoyudan.

Tempat makan gudeg ini buka mulai pukul 01.30 dan berlokasi di Jalan Monginsidi, Mergoyudan, Surakarta. Bila anda ingin ikut mengantri mencicipi hidangan ini maka tunggulan sampai pukul setengah dua pas.

Hal ini dikarenakan alasan yang unik sebab pemilik tidak ingin buka tempatnya kurang dari jadwal yang diberikan yakni 01.30. Bahkan katanya kurang 10 menit saja, mereka tidak ingin membuka tempat makannya.

7. Soto Seger Mbok Ronggeng

Sama halnya seperti gudeg ceker, tempat makan yang mengusung tema hidangan berkuah ini pun buka pada malam hari. Mulai dari pukul 23.00 malam tempat ini sudah ramai dikunjungi.

soto seger mbok ronggeng

Untuk bisa menemukan tempat makan ini anda bisa datang ke belakang Pasar Legi. Untuk harga satu porsi soto hanya dihargai Rp. 9000 saja. Terjangkau bukan?

8. Susu Segar Shi Jack

susu segar shi jack

Meski ramai dengan banyak pedagang kuliner di malam hari dan seolah seperti kota yang tak pernah tidur. Namun tetap saja, malam di kota Solo sama dinginnya dengan kota-kota yang ada di Jawa Timur. Nah, untuk menghangatkan badan anda bisa mencicipi Susu Segar Shi Jack.

Berasal dari Boyolali, kedai susu ini kini sudah memiliki banyak cabang di kota Solo salah satunya ada di Jalan Honggowongso No.42.

Selain itu, beberapa cabang lainnya tersebar di Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta dan di Kota Barat. Tepatnya ada di samping Kota Barat anda akan mendapati kedai susu yang satu ini.

Baca juga artikel kami lainnya : batik fabric quilts

Nuhun.

1 thought on “Kuliner Solo 24 Jam harga terjangkau

  1. Harga pasir merapi murah di Dlidirkonstruksi. Dengan harga mulai Rp 200.000,- perkubik, Kami membantu sampai ke lokasi yang Anda inginkan. Dlidirkonstruksi melayani area pengiriman ke seluruh jawa tengah. Ini dikarenakan, memang merapi ada di lingkup wilayah jawa tengah.
    Dlidirkonstruksi merupakan perusahaan supplier material alam atau bahan bangunan yang sudah berpengalaman. Banyak perusahaan di jawa tengah yang sudah bekerjasama dengan kami. Sabagai misal Duniatex, Hartono mall, Hotel fave dan masih banyak lagi. Tak luput pula tentang kualitas pasir merapi yang sudah kami supplai ke perusahaan tersebut. Anda pun bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *