Kuliner Legendaris Purwokerto Yang Tak Boleh Dilewatkan

Kuliner legendaris Purwokerto yang tak boleh dilewatkan. Purwokerto merupakan sebuah kota yang berlokasi di provinsi Jawa Tengah, selain memiliki tempat wisata alam hingga budaya yang sangat indah, tenyata Purwokerto juga memiliki wisata kuliner yang menggoda lidah. Anda tidak perlu khawatir dengan harga makanan di Purwokerto, harga makanan di kota tersebut tergolong terjangkau bagi anda para pelacong dengan budget pas pasan.

Purwokerto, Kabupaten Banyumas gak cuma tempe mendoan saja yang terkenal enak dan lezat. Ternyata, makanan di Purwokerto sangat beragam dan pastinya enak serta nikmat. Dari makanan pinggir jalan, kafe sampai hotel-restoran “kelas sultan” tersebar di kota ini. Kafe dan restorannya juga nggak kalah dengan Bandung atau Jakarta.

Bagi yang ingin ke Purwokerto atau sedang ada di kota tersebut dan berniat berwisata kuliner, mari kunjungi 10 tempat kuliner di Purwokerto yang mantap berikut ini!

1. Ambalika Resto

ambalika resto di purwokerto

Untuk menikmati kuliner dengan menu dan suasana mewah cobalah ke Ambalika Resto. Lokasinya berada di Hotel Java Heritage dengan alamat Jl. Dr. Angka No. 71 Purwokerto. Menu Makanan Cina dengan sentuhan Indonesia adalah fokus utama restoran ini. Rasa makanannya sangat enak, cocok untuk acara-acara khusus dan ketika ingin mencoba sesuatu yang mewah.

Selain itu, dari segi bahan baku kualitasnya sangat terjamin. Paket barbeque juga tersedia pada hari-hari tertentu disertai dengan musik live. Lokasi dalam dan luar ruangan ditata dengan sangat indah dengan pemandangan kolam renang.

2. Andhang Pangrenan

andhang pangrenan

Ini merupakan kawasan wisata kuliner yang nggak cuman menjadi objek wisata kuliner. Karena, tempat ini juga menyediakan fasilitas lain. Sebut saja seperti area hotspot, aula luar ruangan, jalur jogging dan taman bermain. Untuk wisata kuliner, dapat mengunjungi pojok kuliner yang menyediakan beragam kuliner tradisional sampai modern.

Andhang Pangrenan terletak di Jl. Gerilya Purwokerto. Faktanya, dulu tempat ini adalah terminal Purwokerto.

3. At Cafe Campus

at cafe campus

Tempat satu ini cocok untuk yang suka nongki. At Cafe Campus adalah bagian dari Kampus Hotel Wisata Niaga. Desain bangunannya sangat kontemporer dengan nuansa putih, pas untuk selfie dan OOTD. Lokasinya yang dekat dengan Universitas Jenderal Sudirman, tepatnya di Jl. Prof. H. R. Bunyamin No. 637C Purwokerto, membuatnya cocok untuk kalangan mahasiswa.

Di sini, semakin malam semakin ramai. Banyak makanan ringan, menu makanan Indonesia seperti nasi goreng. Dan ada juga olahan mie instan yang zaman now banget di At Cafe Campus.

tengkleng bu jito

4. Cherry Fresh Fruit Market

Cherry Fresh Fruit Market

Toko yang beralamat di Jl. Jendral Sudirman, Purwokerto adalah toko buah yang direkomendasikan untuk dijadikan oleh-oleh. Nggak cuman buah cherry, toko ini juga menawarkan berbagai macam buah dan makanan impor. Selain itu, ada yogurt lembut yang benar-benar enak dan murah.

5.Kuliner Legendaris Purwokerto D’Java Steak

d'java steak

Steak identik dengan makanan gaya Barat. Lalu, bagaimana jika steak dibuat dengan gaya Jawa? Jawabannya ada di D’Java Steak Purwokerto. Berdiri sejak 2008, lokasinya ada di Jl. Kranji No. 28, Purwokerto. Tempat ini sudah dikenal oleh pecinta masakan.

Hidangannya lengkap dengan lauk kentang tumbuk, sayuran rebus dan rempah-rempah kental yang menambah kenikmatan di setiap menu yang ditawarkan. Selain steak, restoran ini juga menyajikan berbagai pasta dan sosis gulung.

6. Kuliner Legendaris Purwokerto Djago Jowo

djago jowo

Pecinta ayam goreng jangan sampai melewatkan restoran yang satu ini jika mengunjungi Purwokerto. Sesuai namanya, Djago Jowo mengandalkan masakan ayam dengan ala Banyumasan yang empuk dan bumbu meresap ke tulang. Untuk minumannya, ada yang tradisional juga, lho. Yaitu seperti beras kencur dan gula asem yang semakin jarang ditemukan di kota-kota besar.

Menu favorit para pengunjung di Djago Jowo yang berlamatkan Jl. Gelora Indah No. 1, Purwokerto adalah Ayam Nusantara. Menu tersebut terkenal dengan ukurannya yang besar. Ada juga menu paket besek, yaitu nasi dan lauk pauk yang disajikan dalam kotak anyaman bambu.

7. Eco 21

eco 21 purwokerto

Salah satu makanan yang identik dengan Purwokerto adalah tempe mendoan. Untuk menikmatinya, segera pergi saja ke Eco 21 yang beralamat di Jl. Jenderal Sutoyo No. 21 Purwokerto. Di sini, akan disuguhkan tempe yang masih anget, karena akan digoreng ketika seseorang ingin membelinya. Rasanya sangat enak, terlebih menggunakan sambal kecap yang diproduksi secara mandiri oleh Eco 21.

Untuk oleh-oleh, tempe mentah dikemas bersama tepung mendoan dan sambal kecap. Praktis!

8. Gubug Makan Mang Engking

gubug makan mang engking

Rumah makan bergaya Sunda ini sangat terkenal. Meskipun menyajikan menu khas Sunda, faktanya, Mang Engking ini berpusat di Yogyakarta. Untuk Purwokerto, Gubug Makan Mang Engking ada di Jl. Prof. H. R. Bunyamin, Kelurahan Pabuaran, Purwokerto Utara.

Menu andalannya udang bakar madu dengan varian udang yang dimasak yaitu udang raksasa (galah). Madu yang digunakan dalam menu tersebut untuk menggantikan kecap manis setelah udang dibakar.

Selain udang bakar madu, ada udang asam manis, udang goreng biasa, udang goreng tepung, udang rebus, udang saus padang dan saus tiram.

9. Kedai Om Jul

kedai om jul

Resto unik di Purwokerto lainnya ada Kedai Om Jul yang berlokasi di Jl. Gn. Dieng (Belakang Pasar Glempang). Menu andalan dari resto ini adalah nasi ayam betutu yang pedasnya minta ampun tapi nikmat dan nasi lemak. Tapi, yang sangat unik terletak pada minuman dan makanan penutupnya. Karena, menggunakan buah-buahan seperti kelapa muda dan melon sebagai wadahnya.

Inovasi dari Kedai Om Jul tersebut menjadi salah satu favorit warga kota Purwokerto.

10. Kuliner Legendaris Purwokerto Kukuruyuk

kukuruyuk

Tempatnya sederhana, tapi bersih dan ditata ala masa kini. Alamatnya ada di Jl. Pramuka No. 33 Purwokerto Selatan, Purwokerto. Di sini, menu penyetannya sangat enak terutama untuk sambalnya. Untuk penikmat masakan Indonesia harus datang ke sini.

Karena, menunya ada berbagai olahan mie Jawa dan menu nasi. Selain itu, juga ada menu dari makanan Asia.

Baca juga artikel kami lainnya :
batik fabric quilts

1 thought on “Kuliner Legendaris Purwokerto Yang Tak Boleh Dilewatkan

  1. Harga pasir merapi murah di Dlidirkonstruksi. Dengan harga mulai Rp 200.000,- perkubik, Kami membantu sampai ke lokasi yang Anda inginkan. Dlidirkonstruksi melayani area pengiriman ke seluruh jawa tengah. Ini dikarenakan, memang merapi ada di lingkup wilayah jawa tengah.
    Dlidirkonstruksi merupakan perusahaan supplier material alam atau bahan bangunan yang sudah berpengalaman. Banyak perusahaan di jawa tengah yang sudah bekerjasama dengan kami. Sabagai misal Duniatex, Hartono mall, Hotel fave dan masih banyak lagi. Tak luput pula tentang kualitas pasir merapi yang sudah kami supplai ke perusahaan tersebut. Anda pun bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *