Kartasura merupakan kecamatan di Kabupaten Sukoharjo

Kartasura merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Sukoharjo. Kecamatan ini membawahi setidaknya 12 kelurahan. Di antaranya, Kelurahan Puangan, Wirogunan, Kertonatan, Kartasura, Ngemplak, Ngabean, Gadirejo, Singopuran, Pabelan, Makamhaji, Gonilan dan Gumpang.

Karena letaknya yang berada di dekat Kota Solo, kecamatan ini juga sering disebut sebagai Kota satelit Surakarta atau Solo. Bagi warga Kartasura yang ingin ke pusat Kota Sukoharjo harus melintasi Kota Surakarta dulu. Saat ini Kecamatan ini mengalami perkembangan yang sangat pesat layaknya kota baru yang ada di Sukoharjo.

Kartasura merupakan kecamatan di Kabupaten Sukoharjo

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, perlengkapan umroh dan kain batik.

Kartasura dan Surakarta

Keberadan kecamatan ini tidak bisa lepas dari Kota Surakarta, terlebih terkait sejarah Kerajaan Kasunanan Surakarta. Karena sebelum berdirinya Kerajaan Kasunanan Surakarta sudah ada Kerjaan Kasunanan Kartosura yang merupakan kelanjutan dari Kerajaan Mataram. Kerajaan ini didirikan oleh Adipati Anom yang bergelar Amangkurat II pada 1680. Kerajaan ini berkuasa sampai 1742 .

Peninggalan Kerajaan Kasunanan Kartasuro ini berupa benteng yang berada di sebelah selatan pasar. Untuk menelusuri jejak kerajaan ini bisa datang di Desa Siti Hinggil, Kartasuro, Kabupaten Sukoharjo.

Di Kartasuro terdapat sejumlah lembaga pendidikan atau kampus perguruan tinggi. Di antaranya ada Universitas Muhammadiyah Surakarta atau (UMS), kemudian ada kampus V fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS). Selain itu, di Kartasura juga berdiri sebuah pondok pesantren modern yang berdama Assalam, dan juga Institut Agama Islam Negeri atau IAIN. Selain bidang pendidikan, di Kartasura juga berdiri sejumlah pusat perbelanjaan, salah satunya yakni Goro-Assalam, kemudian ada juga carrefour yang saat ini masih dalam tahap pembangunan kembali. Selain itu ada juga toserba Mitra, Laris dan masih banyak toserba lainnya.
Saat anda berkunjung ke Kecamatan Kartasura, anda bisa menjelajahi kuliner yang menjadi andalannya. Salah satunya Bebek Goreng H. Slamet yang ada di Jl. Sedahromo Lor, RT. 01 / RW. 07, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57169, Telepon: (0271) 781597. Warung makan ini bisa dikatakan sudah menjadi salah satu ikon kuliner yang ada di Kartasura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *