Wisata Kuliner Solo Siang Hari Yang Selalu Ngangenin

Wisata kuliner Solo siang hari yang selalu ngangenin. Halo sobat travelers dimanapun kamu berada, terutama kamu yang sedang atau akan pergi liburan di Solo. Kota Solo atau nama lainnya Kota Surakarta merupakan salah satu Kota ‘kecil’ yang ada di Jawa Tengah, dimana hanya memiliki luas 44 Km kubik.

Namun, ternyata wisata kuliner Solo siang hari sangat banyak sekali. Meskipun memang, enak itu relatif, ada yang bilang enak, ada juga yang bilang kurang enak, jadi tergantung lidah yang menikmatinya saja.

wisata kuliner solo

Referensi Tempat Wisata Kuliner Di Solo Yang Wajib Diketahui

Referensi tempat wisata kuliner Solo siang hari yang wajib diketahui, selamat menikmati :

1. Warung Pecel Solo

Tempat wisata kuliner solo yang pertama adalah warung pecel Solo atau yang lebih dikenal dengan nama Warung Ndeso Resto. Warung ini sangat terkenal di Solo, karena aneka panganan tradisional yang disajikan.

wisata kuliner solo

Aneka kuliner khas Solo disajikan di warung yang satu ini. Lokasi Warung pecel Solo ada di jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen Solo, Warung Pecel Solo buka dua kali setiap harinya : pukul 08.00 – 16.00 dan 18.00 – 22.00.

Nah untuk menunya sendiri, ada yang spesial di warung ini yaitu pecel ndeso (desa), nasi merah dipadu dengan daun bayam, daun kenikir, daun pepaya, kembang turi, dan jantung pisang dicampur sambel pecel yang terasa pedas manis. Warung pecel solo juga menyediakan beberapa jenis minuman tradisional seperti Temu Lawak, Beras Kencur, Jahe Pandan, dan Kunir Asem Sirih, yang dapat disajikam dingin maupun hangat.

2. Srabi Notosuman

Wisata Kuliner Solo yang sudah terkenal sejak dahulu salah satunya adalah Srabi Notosuman yang sudah beroperasi sejak 1923.

wisata kuliner solo

Bagi wisatawan dan penduduk lokal, srabi Notosuman adalah yang terbaik katanya. Jadi, kalau Anda ke Solo jangan sampai tidak mencobanya ya.

Panganan yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan, adonan srabi dimasak dalam cetakan di atas tungku-tungku kecil.

Srabi Notosuman punya dua varian rasa, polos dan coklat. Satu porsi serabi polos berisi 10 buah dibandrol harga 20 ribu, sedangkan yang rasa coklat 25 ribu. Cukup murah, kan ? Nah, buat kamu yang bingung memilih camilan atau buah tangan ketika di Solo, bisa berkunjung ke gerai Srabi Notosuman yang ada di Jalan Mohammad Yamin No. 28 ini.

3. Tengkleng Bu Jito Dlidir

Wisata kuline Solo yang ke tiga ini yang akan kita bahas lebih lanjut. Tengkleng Bu Jito Dlidir ini memang sudah sangat melegenda. Tengkleng solo Bu Jito Dlidir menyuguhkan masakan penggugah selera. Harganya Rp 20.000 untuk setiap satu porsi. Berlokasi di Jalan Kolonel sugiyono 67 solo, menjadikannya tempat makan yang strategis.

wisata kuliner solo, tengkleng bu jito

Tengkleng solo Bu Jito Dlidir merupakan masakan nusantara khas solo, yang dibuat oleh masyarakat asli penduduk surakarta dengan bahan-bahan bumbu minimalis tapi menghasilkan citarasa yang maksimal. Sebuah masakan yang kaya akan makna tradisi kearifan lokal. Rasa kuah tengkleng kambing gurih-asam-manis-asin yang berasal dari campuran belasan bumbu seperti lengkuas, serai, kemiri, kunyit, bawang merah, bawang putih, daun salam, ketumbar, lengkuas, dan sebagainya.

Bumbu-bumbu tersebut direbus hingga berjam-jam bersama tulang belulang kambing, termasuk bagian tengkoraknya. Tidak heran bila bumbunya meresap hingga ke tulang. Daging yang masih menempel itu pun lebih empuk ketimbang daging kambing yang dimasak sate atau gule. Sehingga saat disajikan barcampur nuansa empuk dan bumbu rempah – rempah yang klasik.

Batik fabric for quilting.

Tengkleng Solo Bu Jito Dlidir yang Unik

Tengkleng Solo Bu Jito Dlidir yang Unik dengan mengedepankan rasa klasik. Kuah encer menyatu dengan daging yang menempel di tulang mengingatkan kita pada suasana ‘ Ndeso ‘ ( Tradisional ). Suasana yang ngangeni ketika teringat kota solo.

Tengkleng solo Dlidir memang istimewa. Nyaris tak ada aroma prengus kambing, aroma prengus biasanya berasal dari bulu-bulu di kepala kambing yang terkadang masih tersisa. Oleh karena itu, sebelum dicuci dengan air, kepala kambing dibakar dan dikerik hingga benar-benar tidak ada sisa rambutnya, Demikian pula dengan kaki kambing.

Warung Tengkleng Solo Bu Jito Dlidir

Keunikan lain dari warung tengkleng bu Jito Dlidir adalah dapurnya. Kami mengolah bahan balungan dengan di masak secara unik. Setiap daging yang menempel di tulang langsung lepas ketika anda menyruputnya ( memakannya ). Karena waktu memasak tulangnya butuh waktu hingga 5 jam. Bumbunya meresap hingga keseluruh bagian dagingnya. Sehingga menghasilkan masakan yang spesial untuk Anda.

Warung tengkleng bu Jito Dlidir juga memiliki fasilitas lainya seperti lahan parkir yang luas. Sehingga Anda merasa aman dan Nyaman saat menikmati suguhan kami. Selain parkir luas juga tersedia : musholla, es degan ( kelapa muda ) murni dan fitur lainnya yang menunjang fasilitas anda dalam menikmati tengkleng solo.

Tengkleng Solo Layanan Delivery Order Masakan

Anda bisa datang langsung atau juga bisa order melalui sms 0857 2524 4787 Pak Soleh ketik :
– Nama
– Jenis menu pesanan
– Alamat pengiriman lengkap.

Atau phone 0271 855 267 warung dlidir.

tengkleng solo bu jito Dlidir Buka jam 09.00 hingga 19.00.

Untuk pemesanan tengkleng ke luar kota solo minimal Rp 1.000.000,- untuk 50 porsi. Dimanapun anda berada bisa kami layani. Baik Untuk hotel, restauran, ataupun acara – acara keluarga. Kami sudah berpengalaman dalam hal pengiriman ini.

Baca juga artikel kami di bawah ini :

Tengkleng Solo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *