Arsip Kategori: Uncategorized

Perbedaan Surakarta dan Solo soal penyebutannya

Perbedaan Surakarta dan Solo hanya soal penyebutannya saja. Kenapa saya bilang seperti itu, ya memang karena nama dua kota tersebut adalah sama saja. Anda bisa menyebutnya dengan nama Solo atau nama Kota Surakarta. Semuanya sah anda gunakan, kalau boleh saya bilang sesuka anda dengan nama apa untuk menyebut kota ini. Dua nama yang dimiliki oleh kota ini memang menjadi keunikan tersendiri. Dan dua nama ini memang tidak akan anda temukan di kota lainnya.

Perbedaan Surakarta dan Solo

Memang kadang ada perdebatan untuk menyebut kota ini. Ada yang suka menyebutnya dengan nama Solo ada juga yang menyebutnya dengan nama Surakarta. Tetapi, kalau boleh saya bilang nama Solo memang lebih populer dibandingkan dengan nama Surakarta. Kenapa bisa seperti itu?, ya karena nama Solo lebih simpel sehingga lebih mudah diingat. Jadi banyak yang memilih menyebut nama kota ini dengan nama Solo.

Ini bukan berarti nama Surakarta tidak populer, bukan seperti itu. Tetapi, kadang ada yang bingung jika anda memperkenalkan diri dan menyebut kota anda dengan nama Kota Surakarta. Bahkan untuk beberapa orang atau bahkan warga Solo sendiri akan terlihat aneh saat menyebut nama Surakarta. Solo ternyata tidak hanya dipakai oleh warga asli Solo saja, nama kota ini juga digunakan oleh sejumlah warga luar Solo tetapi masih di eks Karesidenan Surakarta, seperti Kabupaten Wonogiri, Karanganyar, Sukoharjo, Boyolali, Klaten dan juga Sragen.

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah solo, aqiqah jogja, aqiqah semarang, perlengkapan haji dan seragam batik.

Perbedaan Surakarta dan Solo dari kebiasaan warganya

Perbedaan Surakarta dan Solo dari kebiasaaan penyebutannya. Kenapa mereka suka “mengaku” orang Solo meskipun sejatinya tidak tinggal di Solo, ya salah satunya karena nama Solo lebih populer, itu saja. Dan itu sah saja, karena ini untuk memudahkan anda saat berkenalan dengan orang lain yang masih awam tentang daerah yang anda tinggali.

Kembali lagi membahas ada perbedaan apa antara Surakarta dan Solo. Ini hanya soal sejarah saja, Surakarta berkaitan dengan kekuasaan kerajaan pada zaman Susuhunan Pakubuwono II yang membangun kerajaan yang diberi nama Keraton Kasunanan Surakarta. Dan berdirinya keraton tersebut yakni di sebuah desa yang bernama Desa Sala. Selanjutnya nama desa semakin populer dan digunakan untuk nama kota ini.
Ya seperti itu saja sekiranya, jika anda masih ngotot mencari perbedaan antara dua nama tersebut yakni hanya masalah sejarahnya saja.

Muhammadiyah organisasi Islam besar di Indonesia

Muhammadiyah merupakan organisasi Islam yang cukup besar di Indonesia. Organisasi ini didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan pada 18 November 1912 atau 8 Dzulhijjah 1330 H. Organisasi Muhammadiyah didirikan di kampung halaman K.H. Ahmad Dahlan yakni di Kampung Kauman Yogyakarta. Nama Muhammadiyah sendiri mengambil nama dari Nabi terakhir yakni Nabi Muhammad SAW. Dengan begitu para anggota dari organisasi ini dikenal sebagai orang-orang pengikut Nabi Muhammad SAW. Awal berdirinya organisasi ini bertujuan untuk memurnikan ajaran Islam di berbagai daerah di Indonesia. Karena, masih banyak ajaran yang bercampur dengan kebiasaan di daerah dan juga mistik.

Perkembangan Muhammadiyah

Organiasasi ini dipimpin oleh Kyai Ahmad Dahlan atau dikenal dengan Kyai Dahlan mulai dari 1912 sampai dengan 1923. Waktu itu pengaruh dari organisasi ini tidaklah besar, hanya di daerah perbatasan karesidenan saja. Seperti karesidenan Yogyakarta, Surakarta, Pekalongan dan sekitarnya. Baru pada 1925 organiasi ini mulai melebarkan sayapnya ke sejumlah daerah salah satunya di Sumatera Barat.

Di sana organisasi ini dibawa oleh Abdul Alim Amrullah dengan mendirikan cabang di Sungai Batang, Agam. Baru setelah itu, organisasi ini terus mengalami perkembangan yang cukup pesat hingga akhirnya meluas ke sejumlah daerah seperti seluruh Sumatera, Sulawesi, dan juga Kalimantan. Hingga, pada tahun 1938 organisasi ini bisa meyebar ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Sebagai organisasi, Muhammadiyyah juga memiliki pimpinan pusat yang berada di Yogyakarta yakni pada tahun 1970 yang kemudian pindah ke ibukota. Selain itu juga ada pimpinan wilayah , pimpinan daerah, cabang, ranting, dan cabang istimewa untuk luar negeri. Pesatnya perkembangan organisasi ini melahirkan sejumlah organisasi otonom di antaranya, Pemuda Muhammadiyah, ‘Aisiyah, Nasyiatul Aisiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM), Hizbul Wathan (Gerakan Kepramukaan), dan juga Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

Tidak hanya itu, organisasi ini juga memiliki amal usaha yang bergerak di bidang pendidikan. Mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Kemudian ada juga rumah sakit, apotek, panti asuhan dan bidang sosial lainnya.

Muhammadiyah

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, daging kambing, perlengkapan umroh dan seragam batik.

Portal Solo pintu gerbang memasuki kota budaya

Portal Solo bisa diartikan sebagai sebuah pintu gerbang untuk memasuki Kota solo. Dalam artian para pengunjung bisa mencari informasi melalui website atau internet. Dengan begitu para pengunjung dapat mengetahui informasi apa yang diinginkannya tanpa harus berkeliling ke Kota Solo.

Selain portal Solo, banyak juga portal lainnya yang berisi tentang hal yang ingin diketahui oleh masyarakat. Seperti portal yang memuat informasi mengenai lowongan kerja. Mulai dari lowongan pekerjaan yang ada di Solo maupun Soloraya, informasi mengenai loker kerja part time di Solo, loker di bank yang ada di Solo, lowongan kerja di hotel yang ada di Solo dan semuanya tentang Solo.

Selain itu portal juga indentik dengan berita online. Mulai portal berita Timlo.ne, portal berita Solopos.com, Joglosemar.co, dan juga portal berita lainnya yang bisa diakses melalui internet. Selain portal Solo dan informasi pemberitaan, porta juga bisa memuat terkait keperluan pendidikan. Seperti portal akademik. Hanya saja untuk portal akademik pengunjung wajib memiliki id atau username dan juga paswordnya. Tanpa itu, pengunjung tidak bisa mengakses portal yang disediakan oleh pihak kampus.

Portal Solo

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah, tengkleng solo, perlengkapan umroh dan jual batik solo.

Portal Solo dan tengkleng dlidir

Kemudin untuk kebutuhan kuliner, juga tersedia mengenai portal kuliner. Portal kuliner ini sendiri memuat rahasia dan resep kuliner yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya itu, bahkan resep kuliner yang ada di seluruh dunia bisa dilihat melalui portal ini.

Tidak hanya resep kulinernya saja, tetapi pengunjung juga bisa mengetahui lokasi pusat kuliner yang ada di daerah tertentu. Seperti di Solo terdapat tempat favorit untuk mencoba kulinernya, salah satunya yakni warung tengkleng Bu Jito Dlidir. Warung yang terletak di Jl. Kolonel Sugiyono No.67, Kadipiro, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57136 Telepon:(0271) 855267 ini menyediakan berbagai jenis masakana yang berbahan kambing.

Mulai dari tengkleng, sate, tongseng, sate buntel dan berbagai macam lainnya. Bagi anda para pecinta kuliner kambing, rasanya tidak akan lengkap berkunjung ke Solo tanpa mampir ke warung tengkleng Bu Jito Dlidir.