Ulang tahun Kota Solo diperingati tanggal 17 Februari

Ulang tahun Kota Solo diperingati setiap tanggal 17 Februari, dan tahun ini Kota Solo genap berusia 272 tahun. Hari ulang tahun Kota Solo ini berbeda dengan hari Jadi Pemkot Surakarta. Jika hari Jadi Pemkot diperingati setiap tanggal 16 Juni, dan untuk tahun ini Pemkot Surakarta berusia 71 tahun. Pengambilan tanggal ulang tahun ini sesuai dengan bersamaan dengan ditempatinya Kerajaan Kasunanan Surakarta Hadiningrat yakni 17 Februari 1745.

Ulang tahun Kota Solo

Peringatan hari ulang tahun (HUT) Kota Solo selalu diawali dengan adanya upacara bendera yang digelar di Stadion R. Maladi atau yang lebih dikenal dengan nama Stadion Sriwedari. Semua pegawai dari pemerintahan maupun BUMD dilibatkan dalam kegiatan ini. Tidak hanya itu, sejumlah organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, dan sejumlah sekolah pun turut diundang untuk memperingati HUT ini.

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah solo, Jasa aqiqah jogja, aqiqah semarang, perlengkapan haji dan seragam batik kantoran.

Ulang tahun Kota Solo dan tradisi

Usai pelaksanaan upacara, biasanya pegawai dari Pemerintahan Kota (Pemkot) Surakarta akan melakukan ziarah ke makam salah satu tokoh yang dikenal sebagai pendiri Kota Solo yakni Ki Gede Sala yang berada di kompleks Keraton Kasunanan Surakarta yakni Dalem Mloyokusuman, Baluwarti, Pasarkliwon. Ziarah ini biasanya dipimpin oleh Walikota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo dan Wakil Walikota Surakarta Achmad Purnomo.

Selain upacara dan ziarah, dalam setiap peringatan hari jadi Kota Solo ini juga akan diadakan sejumlah kegiatan. Kegiatan ini memiliki tema yang berbeda-beda untuk setiap tahunnya. Dan tema hari Jadi Kota Solo yang digelar tahun ini yakni Resik Kuthane Waras Wargane. Beberapa even yang biasa diadakan sebagai perayaan Hari Jadi Kota Sala diantara Solo Great Sale (SGS). Even ini biasanya diadakan sebagai pembuka gelaran Hari Jadi. Maka dari itu SGS ini juga sangat identik dengan perayaan HUT Solo.

Selain itu juga ada even besar lain yang tidak kalah meriahnnya yakni festival jenang nusantara. Dalam festival ini ada ratusan jenis jenang yang disajikan oleh panitia. Tidak hanya itu, even ini juga menyajikan demo pembuatan jenang dari daerah tertentu. Biasanya even ini digelar di kawasan Ngarsapura. Dan tentunya yang tidak ketinggalan yakni kirab Hari Jadi yang biasanya diadakan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.