Makan Siang Asik di Warung Tengkleng Bu Jito Dlidir Solo

Makan Siang Asik Di Warung Tengkleng

Makan siang asik di warung tengkleng Bu Jito Dlidir Solo. Ada banyak jenis kuliner enak di kota Solo tapi kalau siang hari tengkleng adalah menu paling legendaris yang patut dicoba. Makanan dari tulang belulang kambing ini menjadikan siang di Solo jadi luar biasa. Istimewa.

Untuk menemukan warung tengkleng di Solo cukup mudah datanglah ke warung tengkleng Bu Jito Dlidir di Jl. Kolonel Sugiyono No.67, Kadipiro, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57136 (warung paling popular di Solo). Buka dari jam 08.00 pagi.

Warung Tengkleng dan Sejarah Tentang Tengkleng Solo

Warung tengkleng Solo dengan sejarahnya. Sebelum lanjut membahas tentang makan tengkleng, kalian tau ga sih kenapa bisa ada tengkleng Solo yang legendaris ini? Yuk kita bahas.

Tengkleng merupakan masakan sejenis sup dengan bahan utama tulang kambing. Sejarah tengkleng konon menurut para tetua di kota Solo hanya para bangsawan dan orang-orang Belanda saja yang bisa menikmati masakan daging kambing. Hanya kepala, kaki, dan tulang saja yang tersisa untuk pekerja dan tukang masak. Para juru masak pada waktu itu tak kurang akal, maka dimasaklah tulang-tulang itu yang tentunya masih menempel sedikit daging. Masakan ini berasal dari Solo. Bentuk fisik dari tengkleng hampir mirip dengan gulai kambing, tetapi kuahnya lebih encer ada juga tengkleng yang sedikit kuah.

Tengkleng kambing Bu Jito Dlidir memang istimewa. Nyaris tak ada aroma prengus kambing. Aroma prengus biasanya berasal dari bulu-bulu di kepala kambing yang terkadang masih tersisa. Oleh karena itu, sebelum dicuci dengan air, kepala kambing kami rebus, kemudian dikerok, dibakar dan dikerik lagi hingga benar-benar tidak ada sisa rambutnya.

Demikian pula dengan kaki kambing. Kami perlakukan sama seperti kepalanya. Sehingga menjadi makanan kuliner unik, sederhana dan nikmat. Yang layak untuk Anda cicipi bersama keluarga. Masakan ini dibuat oleeh masyarakat asli penduduk Surakarta dengan bahan-bahan bumbu minim tapi menghasilkan citarasa yang maksimal.

Tidak hanya disitu saja. Jika Anda berasal dari luar Jawa, Anda juga bisa mampir ke galeri Batik Jito Dlidir untuk membeli oleh-oleh batik khas Solo untuk keluarga Anda yang menanti dirumah. Galeri Batik Dlidir berada di tepat belakang warung tengkleng Bu Jito Dlidir. Setelah makan siang, Anda cukup berjalan kaki untuk menuju ke Galeri Batik untuk melihat-lihat batik yang kami produksi asli buatan pengrajin Solo.

Untuk info dan pemesanan Hubungi :

0822 6565 2222 Pak Mudzakir

Nuhun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *