Kuliner Solo Jokowi Langganan Saat Mudik Kekampung Kelahiran

Kota asal Presiden Jokowi, Solo, Jawa Tengah, menyimpan segudang kuliner kaki lima yang tak kalah nikmat dengan kuliner dari kota besar lainnya. Tak heran beberapa tempat makan legendarisnya menjadi favorit Presiden Jokowi kalau sedang berkunjung ke kampung halamannya.

Di kota kelahirannya tersebut Jokowi banyak memiliki kuliner favorit. Dari berbagai macam banyaknya, beberapa rangkuman kuliner legendaris Solo berikut ini bisa menjadi rujukan Anda mencicipi cita rasa kuliner kesukaan Jokowi di Solo. Dengan gaya yang apa adanya, Presiden RI ke-7 ini menyantap makanan kesukaannya dengan begitu lahap.

Berikut ini ada 5 tempat kuliner langganan Jokowi :

1. Timlo Sastro

timlo sastro khas solo

Timlo sendiri merupakan sup khas Solo yang biasanya berisi irisan dadar gulung, irisan ati ampela, telur pindang, bihun dan juga suwiran ayam. Timlo Sastro ini berlokasi di Jl. Kapten Mulyadi No. 8, Sudiroprajan, Jebres, Surakarta. Buka setiap hari mulai pukul 06:00 pagi sampai 03:30 sore. Banyak tempat makan yang menyediakan timlo, tapi Timlo Sastro menjadi salah satu yang cukup populer dan jadi salah satu kuliner langganan Jokowi.

2. Sate Buntel Bu Jito

sate buntel bu jito

Harga sate ini di warung dlidir Rp 15.000 per porsi. Anda akan disuguhkan 2 sate kambing buntel besar, dijamin mantab. Saat menikmatinya, lidah Anda akan dimanjakan citarasa aroma daging kambing yang merata. Karena daging yang dicacah dengan uratnya dicampur dengan bumbu rempah yang begitu akrab dengan menu masakan khas solo.

Untuk lokasi beralamatkan di Jalan kolonel sugiyono 67 , solo. Sedangkan kampungnya terletak di Sumber nayu Rt 03 Rw 12, kelurahan kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Baca juga : tengkleng kambing Bu Jito

3. Bakmi Jawa Radjiman

bakmi jawa radjiman

Meskipun memiliki nama Bakmi Jawa Radjiman, namun banyak juga menu yang ditawarkan di sini. Ada nasi mawut, bakmi goreng, bestik solo, dan lain-lain. Lokasi tempat wisata kuliner satu ini berada di seberang Masjid Fatimah yang ada di Jl. Dr. Radjiman. Uniknya, Bakmi Jawa Radjiman ini tidak menggunakan kompor, melainkan anglo yang terbuat dari tanah liat dan arang untuk memasak.

4. Rujak Cingur Prabu

rujak cingur prabu

Ternyata Presiden Jokowi juga gemar makan rujak cingur, terutama yang berada di Jl. Sutan Syahrir No. 143, Setabelan, Banjarsari. Konon, Rujak Cingur Prabu ini sudah berdiri sejak tahun 1980-an. Ada dua pilihan rujak cingur yang dipilih, dengan menggunakan sayuran rebus ataupun dengan sayuran mentah. Selain rujak cingur, ada olahan lainnya yang bisa dicicipi, yakni lotek dan juga gado-gado.

5. Nasi Liwet Bu Sarmi

nasi liwet solo bu sarmi

Ada juga Nasi Liwet Bu Sarmi yang terletak di Jl. Lojiwetan. Di sini nasi liwet disajikan dengan nasi gurih dengan suwiran ayam, labu siam, dan juga areh yakni semacam bubur gurih dari kelapa. Citarasanya adalah perpaduan antara gurih dan asin, nikmat sekali.

Itulah delapan kuliner yang disantap Jokowi saat sedang pulang kampung ke Solo. Mungkin bisa jadi rekomendasi santapan kuliner saat sedang berada di Solo yah.

Setelah selasai menyantap kuliner khas dari Kota Solo, jangan sampai lupa untuk membeli oleh-oleh khas Solo. Batik solo sebuah karya seni lokal tingkat dunia. Memang bisa dibilang demikian, karya seni yang mendunia. Warung tengkleng bu jito dlidir kini menyediakan berbagai koleksi kain batik khas solo. Dengan lahan yang minim, diharapkan bisa sedikit berkontribusi buat masyarakat solo dan sekitarnya.

batik for quilts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *