Kuliner Solo Instagram, Warung Tengkleng Populer Sesolo Raya

Kuliner Solo instagram. Berkunjung ke kota Solo, akan terasa kurang lengkap tanpa mencicipi aneka kuliner khas daerah tersebut. Solo memang dikenal memiliki banyak sekali kuliner yang kelezatannya sudah melegenda, misalnya saja Selat Solo, Srabi Notosuman, Sambal Tumpang, Cambuk Rambak, Sate Buntel, dan lain sebagainya.

Dan kalau kamu penggemar kuliner olahan kambing, ada satu kuliner khas Solo yang wajib banget kamu cicipi yakni tengkleng. Kuliner yang satu ini mirip dengan gulai, namun kuahnya lebih encer. Dan isinya bukanlah daging kambing, melainkan aneka jeroan kambing dan juga tulang-tulangnya dengan sedikit daging yang masih menempel.

Kuliner Solo Instagram

Tapi tahukah kamu kalau tengkleng Solo yang sangat populer itu, dulunya adalah makanan kelas bawah?

Di masa penjajahan Belanda, hanya para bangsawan, orang kaya, dan orang-orang Belanda saja yang mampu menikmati lezatnya gulai daging kambing. Di masa itu biasanya para pelayan hanya akan mendapat sisa berupa tulang-tulang, jeroan dari kambing, serta aneka bagian kambing lainnya yang tidak diinginkan oleh para bangsawan seperti kaki dan kepala.

Oleh para pelayan tulang dan jeroan kambing itu lalu dimasak dengan aneka rempah-rempah dan bumbu, sehingga rasanya menjadi nikmat. Kuahnya yang tidak sekental gulai, malah menjadi semakin lezat dengan kaldu yang berasal dari rebusan tulang kambing. Hasil olahan para pelayan inilah yang saat ini kita kenal sebagai tengkleng, kuliner khas Solo.

Lambat Laun Tengkleng Mulai Meroket, dan Menjadi Makanan Populer di Solo

Tengkleng Solo Bu Jito Dlidir adalah salah satu penjual tengkleng yang sangat legendaris di Solo. Warung tengkleng Bu Jito ini beralamat di Jl. Kolonel Sugiyono No.67, Kadipiro, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57136. Warung tengkleng Bu Jito Dlidir ini buka setiap hai mulai pukul 09.00 sampai 19.00.

Kalau di masa lalu hanya para rakyat jelata yang menyantap tengkleng, di masa sekarang ini kuliner ini sudah naik kelas. Saat ini tengkleng bukan hanya disantap oleh masyarakat kelas bawah saja. Orang-orang dari luar kota Solo dan para pejabat, sangat menyukai kenikmatan kuliner yang satu ini. Bahkan, Bapak Presiden Jokowi juga sempat menghidangkan tengkleng Solo di pesta pernikahan anaknya yang pertama.

Pengolahan Tengkleng Tidak Menggunakan Santen

Walaupun tengkleng pengolahannya menggunakan banyak bumbu, tapi tengkleng tidak menggunakan santen. Sebagian orang mungkin akan sedikit ragu dengan cita rasa kuliner yang satu ini, karena isinya hanya tulang, jeroan, dan sisa-sisa bagian kambing lainnya. Tapi tidak perlu ragu deh. Bumbu dan rempah-rempahnya meresap hingga ke tulang, serta dagingnya juga empuk dan tidak bau.

Aneka jeroan kambing juga menambah kelezatan rasa tengkleng. Biasanya kamu bisa memilih jeroan yang ingin dimakan bersama dengan tulang kambing, seperti lidah, usus, hati, kaki, otak, dan lain sebagainya. Kuah tengkleng sedikit lebih encer dan bening dibandingkan dengan gulai, karena memang tengkleng tidak memakai santan.

Anda bisa membaca artikel kami lainnya di bawah ini :
Tengkleng Solo
Batik fabric for quilting

Tengkleng Solo Layanan Delivery Order Masakan

Anda bisa datang langsung atau juga bisa order melalui sms 0822 6565 2222 Pak Mudzakir ketik :
– Nama
– Jenis menu pesanan
– Alamat pengiriman lengkap.

Atau phone 0271 855 267 warung dlidir.

tengkleng solo bu jito Dlidir Buka jam 09.00 hingga 19.00.

Untuk pemesanan tengkleng ke luar kota solo minimal Rp 1.000.000,- untuk 50 porsi. Dimanapun anda berada bisa kami layani. Baik Untuk hotel, restauran, ataupun acara – acara keluarga. Kami sudah berpengalaman dalam hal pengiriman ini.

Nuhun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *