Kuliner Legendaris Pati Dari Nasi Gandul Hingga Soto Kemiri

Kuliner legendaris Pati dari nasi gandul hingga soto kemiri. Kabupaten Pati menjadi salah satu tempat yang kerap dilewati saat berpergian menuju wilayah Jawa Timur. Berbatasan dengan Kota Kudus, Kabupaten Pati sendiri dikenal akan hasil bumi-nya yang melimpah.

kuliner legendaris pati

Nah, ternyata, tak cuma memiliki berbaga produk pertanian unggulan, Kabupaten Pati juga punya sederet kuliner khas yang tak kalah lezat, lho. Misalnya saja, sajian nasi gandul yang disajikan bersama kuah santan gurih dan aneka lauk.

Tak cuma itu saja, masih banyak makanan khas Pati lainnya yang bisa kamu cicipi saat singgah ke kabupaten ini. Nah, berikut rangkum lima makanan khas Kabupaten Pati yang wajib kamu coba:

1. Kuliner legendaris Pati nasi Gandul

nasi gandul khas kota pati

Berbicara tentang kuliner Pati, tentu tak boleh melewatkan sajian kuliner yang satu ini. Ya, nasi gandul merupakan salah satu kuliner legendaris yang bisa kamu temukan di hampir setiap penjuru kota kecil ini.
Nasi gandul sendiri terdiri dari nasi putih yang disiram dengan semacam kuah santan yang mirip semur, dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Lauknya pun bisa dipilih sesuai selera, mulai dari daging sapi, lidah sapi, babat, paru, kulit, dan aneka jeroan lainnya. Bila kurang menyukai daging, pilihan lauk lain seperti telur, perkedel, atau tempe goreng juga tersedia.

Penyajiannya Kuliner legendaris Pati pun cukup unik, nasi kuah tersebut diletakkan di atas piring beralaskan daun pisang, lalu lauknya dipotong-potong hingga berukuran kecil dan ditaburkan di atas nasi, layaknya topping. Jika ingin benar-benar merasakan sensasi makan nasi gandul yang autentik, kamu bisa mencoba untuk menyantapnya menggunakan suru, yakni sendok dari lipatan daun pisang.

2. Soto Kemiri

soto kemiri khas pati

Nama kemiri pada sajian ini bukan merujuk pada salah satu bumbu dapur, melainkan nama dari tempat asal terciptanya soto tersebut, yakni Desa Kemiri. Berbeda dengan soto khas Jawa Tengah pada umumnya yang berkuah bening, kuah soto kemiri menggunakan campuran santan, sehingga teksturnya lebih kental dengan cita rasa yang lebih gurih.

Selain itu, soto kemiri juga disajikan dengan cara mengopyok kuah saat menyiramkannya ke dalam mangkuk nasi, baru kemudian suwiran daging ayam ditaburkan di atasnya. Biasanya, soto kemiri disantap bersama ayam goreng bumbu kuning atau sate telur dan perkedel.

3. Sego Tewel

sego tewel khas pati

Bila kebetulan tengah melewati Kabupaten Pati dan ingin mencicipi sego tewel, kamu bisa bertolak ke Desa Tambakromo yang berada di wilayah Pati bagian selatan, tempat asal dari hidangan lezat tersebut.
Sego tewel sejatinya adalah hidangan yang terdiri dari nasi dan sayur tewel atau nangka muda. Nangka muda dalam sajian tersebut dimasak bersama kuah rempah yang bercita rasa pedas dan nikmat.

Saat disajikan, sego tewel diletakkan di atas piring yang telah dialasi daun jati, sehingga menciptakan aroma yang begitu menggugah selera. Agar semakin lezat, jangan lupa untuk menyantapnya bersama tempe goreng selagi masih hangat. Hmm, nikmat!

Baca juga : batik fabric for quilting

4. Mangut Kepala Manyung

mangut kepala manyung khas pati

Masakan yang berciri khas pedas berkuah santan berwarna kuning dari kunyit sebagai salah satu bumbu khas mangut ini. Kepala ikan manyung yang dimasak biasanya adalah kepala ikan yang diasap jadi benar-benar khas banget baik aroma maupun rasa. Mangut ini bisa kita temukan di wilayah Pati bagian timur yaitu daerah Juana dan Batangan.

5. Kuliner legendaris Pati Petis Kambing Runting

petis kambing runting khas pati

Mungkin dalam benak kita ketika mendengar kata petis yang kita ingat adalah petis ikan yang berwarna hitam itu kan?. Petis di sini bukan petis ikan lho ini hanya nama masakan yang khas dan unik. Yaitu masakan berbahan dari sumsum tulang kambing atau di Pati biasa disebut balungan, daging kambing bagian iga biasanya juga dicampur jeroan. Uniknya adalah daging kambing ini dimasak dengan tepung beras yang disangrai yang disajikan bersama sate kambing. Disebut petis kambing runting karena masakan ini hanya bisa ditemukan di desa Runting Tambaharjo wilayah Pati bagian utara. Sedangkan untuk melihat olahan kambing lainnya Anda bisa melihatnya di sate buntel Soloraya.

Nah itulah beberapa kuliner khas pati yang patut anda coba untuk menikmatinya saat berkunjung di kota Bumi Mina Tani. Selain kuliner anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang murah meriah namun mengesankan seperti Agro wisata di puncak Jolong, wisata gua dengan sungai bawah tanahnya dan lain-lain.

Nuhun.

1 thought on “Kuliner Legendaris Pati Dari Nasi Gandul Hingga Soto Kemiri

  1. Harga pasir merapi murah di Dlidirkonstruksi. Dengan harga mulai Rp 200.000,- perkubik, Kami membantu sampai ke lokasi yang Anda inginkan. Dlidirkonstruksi melayani area pengiriman ke seluruh jawa tengah. Ini dikarenakan, memang merapi ada di lingkup wilayah jawa tengah.
    Dlidirkonstruksi merupakan perusahaan supplier material alam atau bahan bangunan yang sudah berpengalaman. Banyak perusahaan di jawa tengah yang sudah bekerjasama dengan kami. Sabagai misal Duniatex, Hartono mall, Hotel fave dan masih banyak lagi. Tak luput pula tentang kualitas pasir merapi yang sudah kami supplai ke perusahaan tersebut. Anda pun bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *