Kuliner Khas Solo lengkap dengan alamatnya

Kuliner Khas Solo lengkap dengan alamatnya spesial untuk ‘jenengan’. Kuliner khas solo merupakan olahan masakan yang mencerminkan budaya wong solo. Budaya dalam bertingkahlaku dengan sesama, atau yang terkenal dengan unggah – ungguh, tepo – sliro, sopan – santun dan ungkapan lainnya.

Kuliner khas solo memberikan nilai bisnis yang luar biasa bagi pelakunya. Tempat bertemunya rasa asin dan manis, jawa barat dan jawa timur. Sehingga kota solo, kami juluki sebagai sentral ” kerajinan rasa “. Dimana budaya yang memiliki nilai jual tinggi, tanpa menjual budayanya.

Mungkin Anda bingung dengan bahasa kami.. he2. Ya… itulah kami, seglintir manusia yang tinggal di kota solo, tempat lahir dan di besarkan. Hanya ingin mempromosikan sebuah warung dengan berbagai menu khas kambing.

Berikut kami tampilkan Kuliner Khas Solo lengkap dengan alamatnya :

1. Warung Tengkleng Solo Bu Jito Dlidir.
Lokasi warung kami sangat strategis. Dengan alamat Jalan kolonel sugiyono nomer 67 solo. Atau alamat kampungnya yaitu Sumber nayu Rt 03 Rw 12, kelurahan kadipiro, kecamatan banjarsari, Kota Surakarta. Berikut denah lokasinya dilihat dari satelit :

Kuliner Khas Solo lengkap dengan alamatnya

2. Sate buntel Kedai priyayi

Sate buntel adalah daging kambing yang dicincang dengan uratnya, kemudian dibungkus dan dibakar. Sehingga panas dan bumbunya merata sempurna. Alamatnya di Gladak ( Galabo nomer 7 ).

3. Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno
terletak di Jalan Monginsidi, tepatnya di sebelah barat SMA 1 Solo. Warung gudeg ceker bu Kasno berdiri sejak 1970-an, Cukup dengan 15 ribu, sepiring nasi pulen dipadu gudeng, opor ayam, telur, dan ceker sudah pasti mengobati rasa lapar Anda ketika jalan jalan di malam hari.

4. Sate Kere Yu Rebi
terletak di belakang Stadion Sriwedari Solo dan di Galabo. Buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam.

5. Warung Soto Ayam Gading
Soto Gading Dekat Alun-Alun Selatan Keraton Solo, warung ini cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 8.000,- untuk soto sedangkan untuk lauknya, rata-rata harganya mulai dari Rp 1.000,-

6. Nasi Liwet Wongso Lemu.

Nasi gurih yang dipadu suwiran ayam, telur rebus, sayur labu, dan areh begitu nikmat disantap di tengah hangatnya suasana Solo di malam hari. Setiap harinya warung ini buka dari jam 4 sore hingga jam 1 dini hari. Harganya cukup murah 1 porsi nasi liwet hanya 10 ribu hingga 17 ribu saja tergantung lauknya. Warung ini buka dari jam 4 sore sampai jam 1 dini hari, Tapi yang rame di malam hari. alamatnya di purwosari ada, di keprabon Ada.

7. Tahu kupat pak Brewok

Pedagang tahu kupat di Solo dan sekitarya terbilang banyak, tapi jika anda kebetulan melewati jl Rm Saud singgah saja tahu kupat “SARI” Pak Brewok . Sejak jam 7 pagi hingga jam 5 sore, warung tahu kupat ini siap melayani pembeli yang mampir untuk menikmati cita rasa manis dan gurih dari sepiring tahu kupat khas Solo.

8. Warung Selat Mbak Lies
Selat Solo berasal dari kata Slatjee yang merupakan bahasa Belanda yang berarti Salad, sedangkan Solo adalah nama kota dimana selat tersebut berasal. Seperti salad yang berisi aneka sayuran, Selat Solo pun demikian. Dalam satu porsi Selat Solo berisi potongan kentang, wortel, buncis, telur dan daun selada, serta daging sapi, dilengkapi dengan saus mayones dan disiram dengan kuah.

Di Solo sendiri, penjual Selat Solo yang cukup terkenal adalah Mbak Lies. Warung Selat Mbak Lies berada di Jl. Serengan Gang II No.42 Solo. Selain menawarkan menu Selat, Warung Selat Mbak Lies juga menawarkan beragam masakan lainnya seperti Gado-gado, Sup Manten, Timlo, dan Tahu Acar. Warung Selat Mbak Lies buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga pukul 17.00 WIB. Namun jika sobat traveler datang sebelum pukul 10.00 atau setelah pukul 17.00 WIB, sobat traveler masih bisa dilayani dengan catatan masakan sudah siap bila pagi hari dan masih ada bila sore hari.

9. Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer
Masih berhubungan dengan masakan daging kambing, satu lagi Tengkleng murah meriah di kota Solo Tepatnya di sisi utara gapura Pasar Klewer, Bu Edi menjajakan dagangannya sejak jam 2 siang.

10. Pecel Ndeso (Nuansa Etnik Khas Solo)
Menu spesial di restoran ini adalah pecel ndeso (desa), nasi merah di padu dengan daun bayam, daun kenikir, daun pepaya, kembang turi, dan jantung pisang dicampur sambel pecel yang terasa manis-pedas. Warung Pecel Solo juga menyediakan beberapa jenis minuman tradisional seperti Temu Lawak, Beras Kencur, Jahe Pandan, dan Kunir Asem Sirih, yang dapat disajikan dingin maupun hangat.

11. Cabuk rambak jadi kudapan populer bagi warga Solo. Selain jadi pilihan menu sarapan, cabuk rambak termasuk jenis camilan yang enak disantap saat siang maupun malam hari. Disajikan dengan pincuk (wadah yang terbuat dari daun pisang), cabuk rambak terdiri dari ketupat yang diiris tipis-tipis, sambal wijen, dan karak. Setiap pagi, ibu-ibu penjaja cabuk rambak bisa ditemui di sekitaran Stadion Manahan Solo.

12.Srabi Notosuman Solo adalah primadona di kalangan para pelancong. Srabi yang lembut dengan bagian pinggiran yang renyah ini memang salah satu pilihan oleh-oleh utama dari Solo. Terbuat dari campuran tepung beras dan santan, adonan srabi dimasak dalam cetakan di atas tungku-tungku kecil.

Srabi Notosuman punya dua varian rasa, polos dan coklat. Satu porsi serabi polos berisi 10 buah dibanderol 20 ribu, sedangkan yangrasa coklat 25 ribu. Cukup murah, ‘kan? Nah, buat kamu yang bingung memilih camilan atau buah tangan ketika di Solo, bisa berkunjung ke gerai Srabi Notosuman yang ada di Jalan Mohammad Yamin No 28 ini.

13. Es Dawet Telasih Bu Dermi, Setelah lelah berkeliling kota Solo yang cuacanya terbilang panas, sebaiknya segera mampir ke Pasar Gede. Di sana, kamu bisa menemukan kios Es Dawet Telasih Bu Dermi yang selalu ramai pembeli. Hanya dengan 5 ribu rupiah kamu bisa menikmati semangkuk es yang berisi bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, cendol, dan biji telasih.

14. Timlo Sastro adalah makanan kuliner Solo yang isinya potongan-potongan daging ayam, jerohan ayam seperti ati ampela, potongan-potongan sosis solo, telur ayam pindang, dengan kuah mirip dengan sop dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Biasanya timlo disajikan bersama dengan seporsi nasi hangat.
Timlo yang terkenal di Solo adalah Timlo Sastro yang tempatnya di belakang Pasar Gedhe Solo.

15. “Bestik” kuliner khas solo

berlokasi di sebelah barat parkiran sriwedari.

16. Wedang Asle juga salah satu minuman kuliner khas solo.

Alamatnya di Bundaran Manahan pada malam hari. Cocok untuk tenguk – tenguk kalau orang jawa bilang.

17. Kuliner khas solo berderetan di sebelah selatan jembatan jurug juga terkenal enak. Walaupun masih terbilang baru lokasinya, tapi dihuni oleh pedagang masakan khas solo yang berpengalaman.

18. Soto Batiah

lokasi di Jln sam ratulangi no 33 gremet, Selatan manahan. Saya sendiri pernah makan disana, soto berkualitas…

19. Soto lik Gino. berlokasi di dekat Pasar Nusukan.
20. Wedangan Harno Alamatnya di daerah jajar
21. Wedangan klitik

berlokasi di sambeng, dekat PLN Manahan.

Demikian sedikit tulisan tengtang kuliner solo yang kami ambil dari berbagai sumber, Semoga bermanfaat. Maaf, untuk yang keterangannya sedikit sesuai pengalaman saya. Karena rasa sulit di jelaskan dengan kata – kata. Yang pasti, di jamin memuaskan dahaga Anda akan kerinduan masakan kuliner khas solo.

Info atau pemesanan tengkleng solo dlidir bisa sms atau hubungi :

0822 6565 2222 Pak Mudzakir

Website kami lainnya di : Grosir Seragam batik .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *