Jajanan solo yang menjadi primadona warganya

Jajanan solo yang menjadi primadona warganya. Jajanan solo dan masakan yang sudah merakyat dikalangan warganya. Jalan – jalan ke solo tak lengkap kalau belum menikmati jajananya. Ada banyak varian makanan yang bisa Anda nikmati saat berkunjung. Berikut sedikit yang bisa kami sampaikan kepada khlayak ramai.

Serabi Solo berbeda dengan serabi daerah lain. Jajanan ini tidak dimakan bersama kuah santan yang manis, karena rasanya sendiri sudah manisa dan gurih. Serabi Solo terbuat dari adonan tepung beras, gula pasir, santan dan berbentuk bulat dengan kerak disekelilingnya yang kering dan renyah. Selain polos, serabi solo juga memakai toping yang beraneka macam seperti taburan coklat, nangka, dan irisan pisang. Makanan ini bisa dijumapi di Serabi Notosuman di Jl. Moh Yamin Notosuman dan Warung kaki lima disepanjang Jl. Slamet Riyadi (buka dari sore hingga malam).

Intip adalah kerak nasi yang dijemur sampai kering, kemudian digoreng dalam minyak yang panas. Setelah matang ditaburi garam dan adonan gula merah cair. Intip ini terasa gurih karena sari dari nasi yang mengumpul di kerak nasi yang ada di dasar periuk. Intip banyak dijumpai di toko oleh-oleh daerah Pasar Klewer, Pasar Jongke, Pasar Singosaren, depan Toko Orion, dan toko intip di sebelah utara Mangkunegaran.

Rambak petis adalah salah satu makanan yang tidak boleh dilupakan saat mencari oleh-oleh khas Solo. Berbahan baku dari kulit sapi dan kerbau. Petis adalah semacam kecap yang dihidangkan bersama rambak. Dibuat dari kaldu sapi yang diproses bersama gula dan bumbu khas. Rambak petis ini bisa dibeli di Rambak Petis “Sapi Rumpun” RT 02 RW 08 Purwadiningratan.

Daging sapi atau ayam yang dimasak dengan rempah-rempah dengan menggunakan oven. Abon ini bisa dijumpai di Toko Abon sapi dan ayam varia yang berada di Jl. Coyudan, buka mulai jam 9 pagi.

Disinilah beberapa tempat yang bisa adnda kunjungi untuk membeli snack dan beberapa Jajanan solo. Pasar Jongke (Jl. Dr. Radjiman), Kalilarangan (Selatan Pasar Singosaren).

Jajanan solo berupa masakan spesial

Jajanan solo berupa masakan spesial nan melegenda. Warung dlidir memberikan masakan yang tiada duanya. Tengkleng solo yang sudah tidak asing bagi masyarakat solo dan sekitarnya. Tengkleng solo Bu Jito Dlidir merupakan masakan nusantara khas solo, yang dibuat oleh masyarakat asli penduduk surakarta dengan bahan-bahan bumbu minimalis tapi menghasilkan citarasa yang maksimal. Sebuah masakan yang kaya akan makna tradisi kearifan lokal. Rasa kuah tengkleng kambing gurih-asam-manis-asin yang berasal dari campuran belasan bumbu seperti lengkuas, serai, kemiri, kunyit, bawang merah, bawang putih, daun salam, ketumbar, lengkuas, dan sebagainya.

Jajanan solo yang menjadi primadona warganya

Bumbu-bumbu tersebut direbus hingga berjam-jam bersama tulang belulang kambing, termasuk bagian tengkoraknya. Tidak heran bila bumbunya meresap hingga ke tulang. Daging yang masih menempel itu pun lebih empuk ketimbang daging kambing yang dimasak sate atau gule. Sehingga saat disajikan barcampur nuansa empuk dan bumbu rempah – rempah yang klasik. Tersedia pula oleh – oleh khas solo berupa kain batik.

Peta lokasi tengkleng solo dan kain batik murah cap berkualitas mudzakir.com :

Mampir kalau ada waktu luang ke warung kami. Barokallohufiik…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *