Disdikpora Solo adalah nama lain Disdikpora Surakarta

Disdikpora Solo adalah nama lain dari Disdikpora Surakarta. Kadang ada yang menyebut Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga tersebut dengan nama Disdikpora Solo tetapi tidak jarang pula yang menyebutnya sebagai Disdikpora Surakarta. Tetapi, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta sendiri sudah “mematenkan” nama Surakarta untuk hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan termasuk dinas-dinas yang ada di dalamnya.

Disdikpora Solo adalah nama lain Disdikpora Surakarta

Tetapi, untuk saat ini nama Disdikpora sudah tidak ada. Yang ada adalah Dinas Pendidikan (Disdik) saja. Hilangnya bidang pemuda dan olahraga menjadikan nama Disdikpora juga harus “dipotong”. Ini juga imbas dari adanya penataan pada Susunan Organisasi dan Tata Kerja atau yang disingkat SOTK. Inilah yang sekaligus mengubah nama Satuan Kerja Perangkat Dinas atau SKPD menjadi Organisasi Perangkat Daerah atau OPD.

Disdikpora Solo yang baru hanya tentang pendidikan

Dengan bergantinya susunan SOTK ini menjadikan Disdik Kota Surakarta saat ini hanya menangani bidang pendidikan saja. Mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Pertama atau SMP, tentunya yang berstatus sebagai sekolah negeri.
Sementara untuk tingkat SMA maupun SMK sekarang ini sudah diambilalih oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Pengambilalihan ini dilakukan awal 2017 lalu, sesuai aturan untuk penanganan sekolah tingkat atas dialihkan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng). Dan untuk selanjutnya kewenangan penanganan SMK maupun SMA berada langsung di Provinsi. Termasuk untuk masalah gaji, mutasi guru dan sebagainya.

Dinas ini memiliki kantor di Jalan Di Panjaitan No.7, Setabelan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133. Sebelumnya, dinas ini bertempat di Jalan No.112, Mangkubumen, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139. Saat ini dinas ini dipimpin oleh Ibu Etty Retnowati, SH, MH. Jika anda perlu informasi mengenai dinas ini anda bisa mengunjungi website resminya di http://dinaspendidikan dot Surakarta dot go dot id/. Di sana anda akan menemukan banyak informasi penting yang berkaitan dengan pendidikan. Mulai dari tingkat PAUD sampai tingkat SMP.

Tidak hanya itu sejumlah program dari Dinas Pendidikan juga anda lihat di website tersebut. Salah satunya yakni Program Bantuan Masyarakat Kota Surakarta atau BPMKS.

Jual kain batik tulis lawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *