Dinas Pendidikan Kota Surakarta dan bidangnya

Dinas Pendidikan Kota Surakarta adalah sebuah Organisasi Perangkat Daerah atau OPD yang menangani bidang pendidikan. Mulai dari pendidikan tingkat anak usia dini atau PAUD sampai pendidikan tingkat sekolah menengah pertama atau SMP. Kenapa hanya sampai tingkat SMP?. Sebelum adanya peralihan kewenangan dalam pengelolaan sekolah tingkat menengah atas atau SMA maupun sekolah menengah kejuruan (SMK), Dinas Pendidikan Kota Surakarta juga menangani tingkat SMA/SMK. Tetapi, mulai tahun 2017 ini atau setelah adanya peralihan penanganan SMA/SMK dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, untuk sekolah tingkat SMA/SMK ditangani langsung oleh Pemprov Jateng.

Dinas Pendidikan Kota Surakarta

Dulunya OPD ini bernama Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga atau disingkat dengan nama Disdikpora. Otomatis, selain membidangi pendidikan, dinas ini juga menangani bidang kepemudaan dan juga olahraga. Kemudian setelah adanya perubahan pada Susunan Organisasi dan Tata Kerja atau SOTK, dinas ini turut mengalami pemekaran dan hanya bernama OPD Dinas Pendidikan Saja. Dengan adanya perubahan ini membuat dinas ini hanya fokus pada bidang pendidikan saja.

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di Aqiqah solo, aqiqah jogja, aqiqah semarang, perlengkapan haji dan umroh dan seragam batik.

Dinas Pendidikan Kota Surakarta lokasi

Dinas ini berkantor di Jalan Di Panjaitan No.7, Setabelan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133. Dinas ini di bawah kepemimpinan Etty Retnowati, SH, MH. Untuk mengetahui berbagai informasi terkait pendidikan atau agenda dari Dinas Pendidikan, anda bisa mengaksesnya di website resminya yakni di http://dinaspendidikan dot Surakarta dot go dot id/. Di sana anda akan menemukan banyak informasi penting yang berkaitan dengan pendidikan. Mulai dari tingkat PAUD sampai tingkat SMP.

Tidak hanya itu sejumlah program dari Dinas Pendidikan juga anda lihat di website tersebut. Salah satunya yakni Program Bantuan Masyarakat Kota Surakarta atau BPMKS. Dengan adanya bantuan di bidang pendidikan ini diharapkan semua masyarakat Solo bisa mengenyam pendidikan, sehingga bisa menjadi cerdas dan berguna bagi bangsa dan negara. Ini sesuai dengan visi dari Kota Solo itu sendiri yakni Wasis.
Selain program bantuan itu, anda juga bisa mengakses sejumlah link yang tersedia di website tersebut. Seperti situ-situs sekolah yang ada di Kota Surakarta, Bidang Pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD), bidang SMP dan juga beberapa bidang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.