Cara Memasak Tengkleng Kambing Khas Solo Tanpa Santan

Cara memasak tengkleng kambing khas Solo tanpa santan yang perlu Anda ketahui. Memasak gule tengkleng bisa pakai santan dan juga bisa tanpa santan juga, tidak aneh kalau ada resep tengkleng kambing tanpa santan. Tengkleng merupakan masakan tradisional asal kota Solo. Bahan utama dari tengkleng kambing ini tentu saja adalah daging kambing dengan tambahan tulang, jerohan serta iga kambing. Meskipun begitu, banyak orang yang menganggap tengkleng kambing sama dengan gulai kambing. Hal itu tentu salah, karena kuah dari tengkleng kambing tak sekental gulai kambing.

cara memasak tengkleng kambing khas solo tanpa santan

Ciri khas tengkleng ini adalah menggunakan bagian daging tulang iga, walaupun ada juga campur jeroan, seperti usus kambing, lidah, telinga, balungan. Tapi bagi Anda yang tidak suka jeroan atau karena alasan kesehatan, cukup makan iga kambing saja.

Cara Memasak Tengkleng Kambing

Cara memasak tengkleng kambing. Bagi Anda yang ingin menikmati olahan sup daging kambing namun tidak suka dengan kuah yang terlalu kental. Sepertinya Anda harus mencicipi hidangan Tengkleng Kambing Khas Solo tersebut bila berkunjung ke Kota Solo. Berikut cara memasaknya :

  1. Didihkan air didalam panci, rebus iga kambing selama 3 menit atau hingga keluar busa-busa dan kotoran.
  2. Buang busa dan kotoran, angkat iga kambing dari panci dan sisihkan.
  3. Didihkan kembali air didalam panci, lakukan hal yang sama seperti diatas untuk usus, jeroan, telinga, lidah kambing.
  4. Panaskan minyak didalam wajan, tumis bumbu-bumbu yang dimemarkan, kemudian bumbu halus dan bahan lainnya kecuali air matang, santan dan iga kambing, hingga harum dan wangi.
  5. Masukkan iga kambing, kemudian aduk-aduk hingga terbalut bumbu merata.
  6. Tambahkan air matang kedalamnya, dan biarkan mendidih, kemudian kecilkan api dan masak iga kambing hingga menjadi empuk.
  7. Tambahkan garam dan kecap manis.
  8. Sajikan bersama irisan jeruk nipis dan bawang goreng renyah. Jangan lupa biar supaya tambah mantap dimakan bersama sate daging sate kambing atau sate sapi.

Baca juga artikel kami tentang bumbu tengkleng khas Solo Bu jito dlidir.

Lokasi Warung Tengkleng Bu Jito

Bagi Anda yang Dari arah Surabaya, ngawi, sragen dan palur. Setelah sampai lampu merah ‘Ngemplak’ Ambil kanan kira – kira 300 meter ada bangjo lagi. Tepat di lampu merah itu Ambil kiri, kurang lebih 1 kilometer lihat kanan jalan ada tulisan warung tengkleng solo bu jito dlidir. Disitulah kami ada untuk menyambut Anda, dengan senyuman tentunya, he2.

Bisa pula lewat ring road, bila anda memilih jalur ini sesampainya di penghabisan ringroad ambil kiri. Kira – kira 500 meter Anda akan menjumpai lampu merah, ambil arah joglo atau serong kanan. Sesampainya di joglo langsung ambil kiri, jangan melintasi rel kereta api. Kurang lebih satu kilometer kiri jalan coba tengoklah, warung tengkleng bu jito dlidir.

Dari arah wilayah semarang dan jogja sesampainya di kartosuro, terus saja menuju terminal tertonadi solo. Sesampainya terminal tirtonadi ada bangjo perempatan lurus, ada lampu merah lagi pertigaan tetap lurus. Sesampainya Bangjo ngemplak baru Ambil kiri atau belok kiri. Nanti Anda pertigaan traffict light kira – kira 300 meter kemudian ambil kiri. Satu kilo dari pertigaan tersebut kanan jalan Ada warung berwarna hijau klassik berhadapan dengan rel kereta api, ya .. itulah warung tengkleng solo tercinta kami.

Demikian lokasi map kami ditinjau dari luar kota solo. Ada dua lokasi utama sebagai sumbu lokasi kami yaitu lampu merah ngemplak dan Palang sepur ( kereta api ) ” Joglo “. Kami ditengah – tengahnya, diantara dua poros tersebut. Bagi fihak warga solo sendiri, lokasi kami tepanya ” didepan terminal tirtonadi, belakang pasar nusukan trus nyebrang rel kereta Api “. Semoga bisa memberi gambaran yang cerah untuk Anda menuju alamat kami.

More info silahkan hubungi :
Pak Soleh 0857 2524 4787

Batik fabric for quilting
Tengkleng Solo

Tersedia pula oleh – oleh khas solo, bagi Anda yang berasal dari luar kota. Khusus kami menyediakan sedikit tempat untuk kain batik istimewa. Sehingga menambah kemudahan Anda saat berkunjung ke warung kami.

Nuhun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *