Arsip Kategori: Surakarta info

Surakarta Jawa dua hal yang tidak bisa dipisahkan

Surakarta Jawa menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Saat anda menyebut nama Kota Surakarta, otomatis anda akan terpikir akan budaya Jawa yang melekat di kota tersebut. Tidak bisa dipungkiri, Surakarta memang sangat kental akan budaya Jawanya. Tidak heran jika kota ini disebut sebagai pusat budaya yang ada di Jawa Tengah. Meski kota ini tidaklah besar karena hanya memiliki luas 44 kilometer persegi saja, tetapi budaya yang ada di dalamnya sangat terpelihara sampai saat ini.

Terjaganya budaya ini tidak lepas adanya kepedulian dan peran serta dari pemerintah setempat dalam menjaga dan melestarikannya. Salah satunya dengan menggelar berbagai even atau pun festival yang budaya. Beberapa festival budaya yang rutin diadakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta diantaranya yakni Festival Gamelan, Festival keroncong, tarian dan sejumlah kesenian tradisional lainnya. Dan berbagai even ini selain untuk melestarikan budaya yang ada juga sebagai salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Kota Surakarta ini juga menjuluki dirinya sebagai Kota Budaya, ini karena banyaknya budaya yang terlahir dan terpelihara di kota ini.

Sejak zaman pemerintahan Keraton Kasunanan Surakarta budaya Jawa memang sudah muncul. Kebudayaan ini terus terjaga dan ada sampai saat ini. Berbagai kebudayaan yang ada tersebut seperti Tingalan Jumenengan, Sekaten, Kirab Pusaka Malam Satu Sura, Jamasan pusaka keraton, Kirab Gunungan dan berbagai gelaran budaya lainnya. Budaya tidak hanya dalam bentuk kesenian maupun gelaran yang jamak diadakan oleh kota ini.

Surakarta Jawa dua hal yang tidak bisa dipisahkan

Traditional batik fabric

Surakarta Jawa dan batik

Ada satu jenis budaya yang juga menjadi bagian dari Kota Surakarta yakni keberadaan kain batik. Surakarta memang sangat identik dengan kain batik khas warna sogan alamnya. Memang Kota Surakarta ini tidak disebut sebagai kota batik, karena julukan tersebut hanya disandang oleh Kota Pekalongan. Tetapi, jangan salah batik yang ada di kota ini tidak kalah bagusnya dengan batik yang ada di Pekalongan.

Bahkan tidak sedikit pecinta batik yang rela datang ke Solo hanya untuk berburu batik khas Solo.

Jual kain batik elegan.

Solo radio Surakarta di stadion Manahan

Solo radio Surakarta merupakan salah satu radio yang ada di Kota Surakarta. Kantor Solo radio ini berada di jalan Menteri Supeno, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139 atau berada di sebelah timur kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta. Dan lokasi ini masih berada di kompleks Stadion Manahan. Jadi jika anda sedang berada di kawasan Stadion Manahan Solo, anda bisa mampir ke kantor radio ini hanya sekedar untuk mengetahui tempatnya atau malah untuk bisa bertemu dan berkenalan langsung dengan para penyiarnya.

Solo radio Surakarta

Radio dengan gelombang siaran di 92.9 FM ini memang langsung menjadi favorit warga Solo dan sekitarnya sejak diluncurkannya pada tahun 2002 lalu. Banyaknya siaran musik yang berkualitas dan sangat “remaja” banget membuat nama Solo Radio begitu cepat melambung. Meski sebagai radio “muda” kala itu, tetapi keberadaan Solo Radio langsung diakui karena mendapatkan tempat di telinga dan hati para pendengarnya. Dan mungkin anda adalah salah satu pendengar setiap dari radio ini.

Diawal berdirinya, radio ini tidak langsung bernama Solo Radio, melainkan bernama Putri Solo_Radio. Radio ini didirikan oleh beberapa komisaris dari Putri Solo. Diantaranya, Robby Koesnadhi, Budi Soesetyo, Budi Arifianto, ketiganya adalah orang Solo. Kemudian juga ada yang dari luar Solo, seperti Arifin Gandawijaya dari Bandung. Arifin ini merupakan Presiden Direktur Ardan Group (Ardan FM, B Radio, dan Cakra FM, Ardan Mind Works, Ardan Hotel dan lainnya).

Solo radio Surakarta dan konsep unik

Dan untuk perekrutan pegawai radio ini baru dilakukan pada kisaran tahun 2003. Sebagaimana namanya, para pegawai yang diambil adalah para putri Solo saja. Dengan berbagai seleksi yang cukup ketat akhirnya terpilih sejumlah nama untuk menjadi pegawainya. Kemudian dalam perkembangannya, penyebutan Putri Solo_Radio berubah menjadi Solo Radio saja. Nama ini lebih populer dan bertahan hingga saat ini. Dan saya yakin, tidak akan banyak orang yang tahu nama radio ini sebelum menjadi Solo Radio.

Ada satu pertanyaan yang mungkin ada di benak anda, kenapa Solo Radio ini langsung mendapatkan tempat di hati para penggemarnya?. Ya benar, karena radio ini menghadirkan konsep siaran yang sangat unik dan mungkin belum pernah diterapkan di radio-radio lain yang ada di Solo sebelumnya, yakni Famous, Fit & Fashionable. Dan ini ternyata merupakan visi dari Kota Solo yang ingin sehat dan bergaya hidup modern.

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah solo, aqiqah jogja, aqiqah semarang, perlengkapan haji dan seragam batik.

Universitas yang ada di Surakarta ada 12 nama

Universitas yang ada di Surakarta lebih kurang ada 12 nama, tiga diantaranya adalah universitas negeri sedangkan sisanya adalah universitas swasta. Tetapi, jika jumlah ini ditambah dengan sekolah tinggi, politeknik dan akademi maka jumlahnya bisa mencapai puluhan atau lebih dari 50 tempat.

Untuk perguruan tinggi atau universitas negeri sendiri terdiri dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, kemudian ada Institut Seni Indonesia (ISI) yang dulu bernama Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI), kemudian ada Perguruan Tinggi Poltekkes Kemenkes Surakarta yang ada di Jalan Letjen Sutoyo, Mojosongo, Jebres. Diantara kampus negeri ini hanya UNS saja yang memiliki berbagai jurusan atau program studi umum. Sedangkan untuk ISI dan Poltekkes Kemenkes Surakarta menjadi perguruan tinggi dengan penjurusan atau program studi khusus.

Kalau ISI seperti kita tahu fokus pada pendidikan seni yang ada. Mulai dari seni tari, lukis, seni gamelan, pewayangan dan kesenian lainnya. Sedangkan untuk Poltekkes Kemenkes Surakarta sendiri fokus pada bidang atau jurusan kebidanan dan keperawatan. Tetapi, saat ini ada beberapa jurusan yang juga diajarkan di kampus tersebut, seperti jurusan jamu, Fisioterapi, Okupasi Terapi, Ortotik Prostetik, Terapi Wicara dan jurusan Akupunktur.

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di layanan aqiqah solo, aqiqah jogja, aqiqah semarang, perlengkapan haji dan seragam batik.

Universitas yang ada di Surakarta swasta

Selain perguruan tinggi negeri tersebut, ada sejumlah perguruan tinggi swasta yang ada di Kota Surakarta dan sekitarnya. Semisal Universitas Muhammadiyah Surakarta atau yang dikenal dengan UMS. Meskipun namanya menggunakan Kota Surakarta, tetapi sejatinya universitas ini berada di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Tetapi, banyak orang terlanjur mengira kampus ini masih berada di Surakarta karena menggunakan nama Surakarta.

Universitas yang ada di Surakarta

Lalu ada Universitas lainnya yakni Universitas Islam Batik (Uniba). Kampus yang terletak di Jalan KH Agus Salim ini menjadi salah satu kampus yang banyak diminati oleh para pelajar untuk melanjutkan jenjang studinya. Ada juga Universitas Slamet Riyadi atau dikenal dengan nama Unisri. Kampus ini berada di Jalan Sumpah Pemuda atau sebelah timur simpang Palang Joglo. Lalu ada Universitas Surakarta. Sama halnya dengan UMS, kampus ini juga tidak berada di Kota Surakarta melainkan di Palur, Kabupaten Karanganyar, tepatnya berada di sisi timur Sungai Bengawan Solo. Selain yang kami sebutkan tersebut, masih ada beberapa kampus lain yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk melanjutkan pendidikan anda.