Budaya Kota Solo masih terjaga sampai saat ini

Budaya Kota Solo masih terjaga sampai saat ini. Kota yang memiliki julukan sebagai Kota Bengawan ini memang sangat kental akan budaya Jawanya. Bahkan ditempatkan sebagai kota pusat kebudayaan yang ada di Jawa Tengah (Jateng). Anda bisa menemukan berbagai jenis kebudayaan saat berkunjung ke kota ini. Mulai dari kebudayaan dalam bentuk kesenian tradisional, tarian, hingga kerajinan batik yang sangat tersohor di penjuru dunia.

Budaya Kota Solo

Traditional Batik Fabric.

Memang tidak akan pernah ada habisnya jika kita membahas mengenai budaya di Kota Solo ini. Saat anda mengatakan istilah budaya maka pikiran akan langsung tertuju di kota yang berada di dekat Sungai Bengawan Solo ini. Budaya Jawa memang sangat kental melekat di setiap sudut kota ini.

Anda juga bisa memperhatikan ornamen pada setiap bangunan kuno yang ada di sudut-sudut kota ini. Seperti di Kawasan Kampung Batik Laweyan, Kampung Batik Kauman, Keraton Kasunanan Surakarta dan beberapa tempat unik lainnya. Dan anda akan merasakan nafas kebudayaan itu begitu kuat mengalir dalam setiap goresan tatanan arsitektur pada bangunan tersebut. Para leluhur kota ini memang begitu menjaga dan memegang teguh budaya yang sudah ada sebelumnya.

Mereka tentunya tidak ingin “macam-macam” apalagi sampai meninggalkan kebudayaan yang ada selama ini. Ini bisa menjadi sebuah “bencana” hebat jika sampai budaya yang sudah “dilahirkan” oleh para leluhur “dikubur” begitu saja oleh para penerusnya. Makanya, tidak hanya para pewarisnya saja yang giat untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan di Solo ini, tetapi juga campur tangan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta juga sangat terlihat.

Pemkot dan Budaya Kota Solo

Peran Pemkot ini bisa anda lihat dari berbagai festival atau even kebudayaan yang diadakan setiap tahunnya. Tentunya kegiatan ini terlepas dari kebudayaan yang sudah ada sebelumnya. Beberapa even budaya yang mulai rutin diadakan oleh Pemkot yakni Festival Gamelan, Ketoprak, Wayang Orang, Festival Keroncong, dan berbagai festival budaya lainnya.

Saya yakin dengan berbagai festival kebudayaan ini selain untuk menjaga budaya yang sudah ada juga sebagai sarana promosi untuk menarik wisatawan agar mau berkunjung ke Kota Solo.

Tentang situs kami lainnya bisa lihat di Aqiqah, dan jual batik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *